Siapa yang tidak tahu apa itu Facebook. Di era internet seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi wilayah yang mampu dijangkau semua orang di hampir seluruh penjuru dunia hanya dalam genggaman tangan. Melalui media sosial, kita bisa mengenal orang baru yang tinggal sangat jauh, atau menghubungi kawan lama untuk menanyakan kabar dan lainya. Karena mendekatkan yang jauh inilah tidak mengherankan jika media sosial menjadi begitu digemari.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling popular. Bagi anda yang belum tahu, pendiri Facebook adalah seorang anak muda bernama Mark Elliot Zuckerberg atau lebih dikenal dengan  Mark Zuckerberg. Dikatakan muda karena telah mencipkatan facebookl sejak dia dibangku kuliah. Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini

Biodata singkat Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah warga negara Amerika Serikat yang lahir di White Plains New York.  Setelah lahir pada 14 Mei 1984, Mark Zuckerberg kemudian dibesarkan di Dobbs Ferry yang masih di wilayah New York. Mark kecil tinggal dan mengenyam pendidikan di sana.  

Mark Zuckerberg kecil memang dikenal menyukai teknologi komputer. Mark Zuckerberg, terutama menunjukkan ketertarikannya di bidang pemograman computer. Bahkan, sejak umur 12 tahun, Mark Zuckerberg telah menunjukkan kemampuannya dalam bidang yang satu ini.

Pada usia tersebut, Mark Zuckerberg kecil telah mampu menciptakan semacam program pesan sederhana. Dia menggunakan program tersebut untuk membantu ayahnya yang seorang dokter gigi. Dengan sistem pemograman yang ditemukan Mark Zuckerberg tersebut, recepsionis tidak perlu berteriak jika ada pasien yang datang. Seiring berjalannya waktu, Mark Zuckerberg menunjukkan ketertarikannya pada bidang itu dengan menciptakan game.

Beranjak dewasa, ia melanjutkan pendidikan di Universitas harvard. Mark Zuckerberg adalah lulusan Harvard. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya Mark Zuckerberg bersama teman-temannya pernah terancam dikeluarkan alias DO dari kampusnya. Ancaman ini muncul karena Mark Zuckerberg berhasil menembus sistem keamanan jaringan computer kampusnya.

Tidak sampai sana saja, Mark Zuckerberg mengkopi secara illegal foto mahasiswa yang ada di dalam jaringan tersebut. Kampus memaafkan Mark Zuckerberg setelah dia menghapus situs dimana dia memajang foto yang dicurinya dari jaringan kampus tersebut.

Awal Mark Zuckerberg mendirikan facebook

Mark Zuckerberg Bersama temannya meluncurkan situs pertemanan facebook pada 1 februari 2004. Situs ini awalnya diluncurkan di kamar asrama Mark Zuckerberg. Nama facebook sendiri diambil dari direktori alumni Phillips Exeter Academy yang pernah dibuat. Di Indonesia ini mungkin semacam buku kelulusan atau buku angkatan yang berisi data foto dan data pribadi.

Sejak awal peluncurannya di dalam kampus, facebook mendapat sambutan baik. Dalam sebulan, sekitar setengah dari total mahasiswa Harvard. Awalnya facebook hanya diperuntukkan sebagai jaringan sosial mahasiswa Harvard saja. Melalui situs ini, antar mahasiswa bisa saling mengenal satu sama lain tanpa bertemu sekalipun.

Namunh, karena memiliki reputasi yang bagus, Facebook akhirnya menyebar ke kampus lainnya. Facebook terus berkembang ke sekolah-sekolah dan bahkan juga kantor. Popularitas facebook terus bertambah dari waktu ke waktu. Akhirnya, pada September 2006, facebook dibuka untuk umum. Artinya, semua orang di dunia mulai dari usia 13 tahun ke atas bisa membuat dan memiliki akun Facebook. Facebook pun terus berkembang hingga seperti yang kita kenal sekarang.

Mengenal Mark Zuckerberg seperti membaca sebuah dongeng, apalagi kalau melihat kehidupannya yang sekarang. Meski penuh dengan harta kekayaan yang bahkan tak bisa disebutkan, Mark Zuckerberg tetap hidup dengan kesederhanaan.

Spread the love